03/03/2016

Pengertian Statistika

STATISTIKA

Selamat pagi, siang atau malem sahabat blogger semuanya. Terimakasih telah mengunjungi blog saya. Kali ini saya akan memposting tentang pengertian Statistika, dimana Statistika ini biasa digunakan untuk mensensus jumlah penduduk atau berhubungan dalam bidang politik dan pemerintahan. Dan pengertian tentang statistika ini saya ambil dari berbagai sumber dan saya rangkum.
        Kata statistika berasal dari bahasa latin yaitu status yang berarti keadaan politik. Pada awalnya statistik digunakan untuk merujuk pada data sensus, data militer, dan data fiksal. Sensus/julah penduduk dan jumlah kekayaan telah digunakan oleh manusia setelah mereka sudah dapat menggunakan angka untuk menghitung. Statistik bertujuan menyediakan data yang dapat dijadikan informasi dalam pengambilan keputusan.

1.       Pengertian Statistik dan Statistika
        Banyak persoalan – persoalan yang dilakukan khusus ataupun berbentuk laporan, dinyatakan dan dicatat dalam bentuk bilangan atau angka –angka yang sering disusun, diatur atau disajikandalam bentuk daftar atau tabel. Dan sering juga daftar atau tabel tersebut disajikan disertaidengan gambar – gambar yang biasa disebut diagram atau grafik supaya lebih dapat menjelaskan persoalan tersebut. Kata statistik dipakai untuk menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam tabel atau diagram. Seperti statistik penduduk, statistik kelahiran statistik pendidikan dan lain-lain. Kata statistik juga mengandung pengertian lain, yaitu dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai suatu hal. Ukuran ini didapat berdasarkan perhitungan menggunakan kumpulan sebagian data yang diambil keseluruhan tentang persoalna tersebut. Dengan demikian, Statistika adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara pengumpulan data, pengolahan/penganalisis data dan pengambilan kesimpulan dari sifat-sifat data. Atau bisa disebut sebagai ilmu yag mempelajari tentang statistik.

2.       Mengapa harus belajar Statistika
Berikut ini beberapa alasan perlunya kita mempelajari ilmu statistika karena ilmu statistika itu :
a.       Dapat mejelaskan hubungan antar variabel yang merupakan sesuatu yang nilanya ta tetap seperti penentuan harga prosuksi, dll.
b.      Dapat membuat rencan dan ramalan.
c.       Dapat mengatasi berbagai perubahan.
d.      Dapat membuat keputusan yang lebih baik.

3.       Fungsi Statistika
a.       Berdasarkan cara pengolahan data :
1)      Statistik deskriptif : bagian dari statistik yang mempelajari cara pengumpulan dan penyajian data sehingga muda dipahami.
2)      Statistik inferensi : bagian dari statistik yang mempelajari mengenai penafsiran dan penarikan kesimpulan yang berlaku dari data yang telah disediakan.
b.      Berdasarkan ruang lingkup penggunaanya :
1)      Statistik sosial
2)      Statistik pendidikan
3)      Statistik ekonomi
4)      Statistik teknik/ Science
c.       Berdasarkan bentuk parameternya
1)      Statistik parameterik : bagian satistik yang parameternya dari populasi mengenai  ditribusi itu.
2)      Statistik non parameterik : bagian yang parameternya dari populasi yang tidak mengikuti sesuatu distribusi tertentu (bebas).

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut