11/03/2016

Pengumpulan Data

PENGUMPULAN DATA


      Untuk statistika yang benar harus diperlukan sebuah data yang kebenarannya harus dapat dipercaya. Metode peengumpulan data dapat dilakukan dengan cara sensus atau sampling. Sensus (populasi) adalah penelitian / surver dimana data semua orang dijadikan sebagai objek penelitian. Sampling (sampel) adalah penelitian / survei dimana data hanya sebagian orang dijadikan sebagai objek penelitian. Cara pengumpulan data adalah sebagai berikut :

1.       Pengamanan (observasi) adalah cara pengumpulan data dengan terjun dan melihat langsung ke lapangan (laboratorium), terhadap objek yang diteliti (populasi). Pengamanan disebut juga penelitian lapangan.
2.       Penulusuran literatur adalah pengumpulan data dengan menggunakan sebagian atau seluruh data yang telah ada atau laporan data dari penelitian sebelumnya. Penulusuran literatur disebut juga tidak langsung.
3.       Penggunaan kuesioner (angket) adalah cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan angket) atau daftar isian terhadap objek yang diteliti.
4.       Wawancara (interview) adalah cara pengumpulan data dengan langsung mengadakan tanya jawab kepada objek yang diteliti atau kepada perantara yang mengetahui persoalan dari objek yang sedang diteliti.

Teknik membuat pernyataaan untuk angket dan cara-cara mengajukannya, biasannya dipelajari dalam metoda riset. Beberapa hal berikut perlu diperhatikan :

a.       Siapkan dan rencanakan baik-baik keseluruhannya  meliputi tenaga, bahan-bahan dan biaya.
b.      Pertanyaan-pertanyaan harus singkat, tidak menimbulkan banyak penafsiran dan mudah dimengerti.
c.       Tujukan pertanyaan-pertanyaan kepada objek atau masalah yang sedang diteliti.

d.      Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang pantas, sopan, dan usahakan tidak menyinggung perasaan oranglain.

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut