03/03/2016

Data Statistik


DATA STATISTIK

Apa kabar sahabat blogger semuanya. Dalam postingan kali ini saya akan memposting artikel tentang pegertian Data Statistik. Data adalah kumpulan fakta yang belum diolah sedangkan statistik adalah bagaimana cara mengumpulkan data tersebut.
Data statistik adalah keterangan atau fakta mengenai sesuatu persoalan bisa berbentuk kategori atau juga berbentuk bilangan. Jenis-jenis data adalah sebagai berikut :

1.       Berdasarkan cara memperolehnya, data terbagi 2 yaitu :
a.       Data Intern, adalah data yang dikumpulkan oleh suatu badan mengenai aktivitas badan itu dan hasilnya digunakan untuk keperluan badan itu juga.
b.      Data Ekstern, data ekstern dibagi 2 yaitu Primer dan Sekunder. Data ekstern Primer adalah data yang diperoleh sendiri secara langsung. Contoh : seorang peneliti langsung melakukan wawancara. Data ekstern Sekunder adalah data yang siperoleh dari data yang telah diikumpulkan pihak lain.

2.       Berdasarkan bentuknya, data terbagi 2 yaitu ;
a.       Data kualitatif/kategori, adalah data yang menggambarkan / mengilustrasikan sifat suatu bend. Contoh : lelaki, perempuan, rusak, cantik, tampan, pintar.
b.      Data kuantitatif/nominal, adaah data yang berupa angka/bilangan. Data kuantitaif diabgi 2 yaitu :
1)      Data dengan variabel diskrit (pengambilan data berdasarkan hasil perhitungan). Contoh : jumlah mahasiswa, jumlah kendaraan bermotor dikuningan.
2)      Data dengan variable kontinu (pengambilan data berdasarkan hasil pengukuran). Yang artinya data tersebut merupakan bilangan real. Contoh : luas tanah, data curah hujan, permukaan air laut, tinggi badan, dll.

3.       Berdasarkan skala pengukurannya, data dibagi 4 yaitu :
a.       Skala Nominal, adalah skala yang hanya memiliki ciri untuk membedakan data yang satu dengan yang lain/(data sitempatkan secara acak).
b.      Skala Ordinal, adalah skala yang memilki ciri untuk membedakan dan mengurutkan data yang satu dengan yang ;ain/(data ditempatkan dan disusun pada rentangan tertentu).
c.       Skala Interval, adalah skala yang memilki ciri untuk membedakan, mengurutkan, memilki jarak yang sama antara data yang satu dengan yang lain.
d.      Skala Rasio, adalah skala yang memiliki ciri untuk membedakan, mengurutkan, memiliki jarak yang sama dana memilki titik nol tulen (berarti) sehingga dapat menghitung rasio/perbandingan diantara nilai.

Data yang baru dikumpulkan dan belum pernah mengalami pengolahan apapun dikenal dengan nama data mentah. Satu hal yang harus diperhatikan, bagaimanapun data dan dimanapun diperolehnya, dapatkanlah data yang kebenarannya dapat dipercaya. Untuk statistika induktif diperlukan statistika deskriptif yang benar. Data harus benar-benar jujur yakni kebenarannya harus dapat dpercaya.


0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut