05/03/2016

Populasi dan Sampel

POPUPASI DAN SAMPEL

Hai berjumpa lagi sahabat blogger semuanya, kali ini saya memposting artikel tentang pengetian dan jenis populasi dan sampel yang saya ambil dari berbagai sumber.

Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, hasil menghitung atau mengukur, kualitatif maupun kuantitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulanyang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya. Karakteristik yang dihitung dari populasi disebut parameter. Sampel adalah sekumpulan data yang diambil / diseleksi dari suatu populasi dan merupakan bagian dari populasi yang menjadi perhatian. Dalam pengambilan sampel dikenal dengan teknik sampling.
Cara pemilihan anggota sampel :

·         Sampling seadanya
·         Sampling purposif

·         Sampling probalitas (paling dianjurkan, agar didapat sampel acak & representatif). Cara yang baik untuk memperoleh sampel acak adalah dengan menggunakan angka acak (random) yang terdapat pada tabel bilangan acak.

Cara diatas dapat dilakukan jika populasi bersifat homogen.
Jika populasi heterogen digunakan :

·         Sampling pelata/strata/tingkatan (contoh strata : RT-RW-Kelurahan- dan setetusnya)
·         Sampling klaster (contoh klaster : SMK dan SMU, PTN, PTS, dan sebagainya).
·         Sampling sistematik
·         Sampling ganda
·         Sampling multipel

·         Sampling sekuensial.

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut