11/03/2016

Mandi Tanpa Sabun, Apa Bisa??

Mandi Tanpa Sabun, Apa Bisa??

Sabun, suatu sarana yang mengandung bahan-bahan kimia. Dan juga membuat kekebalan tubuh tidak seimbang. Atau jika diandaikan ketika air yang bermolekul 165 yang dicampur dengan bahan kimia maka molekul 165 yang terkandung dalam air akan berantakan atau tidak beraturan.

Ada beberapa anggota HI yang akhirnya mandi hanya menggosok-gosok badannya dengan kain tanpa menggunakan sabun. Hal itu dikarenakan agar kekebalan tubuhnya tetap seimbang. Namun, masih banyak anak HI yang menggunakan sabun untuk mandi.

Saya sendiri ketika tau tentang hal itu sempat mandi tanpa sabun kecuali ketika tubuhnya sangat berkeringat. Namun, Ibu saya menemukan cara yang jitu mengganti sarana untuk mandi.
Ibu saya tentunya yang mencari resep ini. Kami menggunakan jus wortel untuk mandi.
Image
Caranya :
  1. Cukup potong wortel kecil-kecil seperti untuk sayur sop,
  2. beri air sampai sejajar dengan wortel di dalam blender,
  3. kemudian tambahkan sedikit madu asli,
  4. dan diberi sedikit saja gula pasir.
  5. kemudian diblender. Dan siap digunakan, sisanya bisa disimpan di lemari es untuk penggunaan hari berikutnya.
Itu yang kami gunakan untuk mandi, tanpa sabun juga kita bisa menemukan solusi sarana mandi alami. Lagipula, harga wortel murah. Kemarin ketika ke pasar Ibu saya mendapatkan harga 10.000/4 kg. Bayangkan hanya 2500/Kg, harga sekilo wortel seharga 1 sabun mandi di warung-warung. 1 kg wortel bisa digunakan sampai 3-5 kali mandi.

Ternyata ada Teteh HI yang sudah menggunakan wortel untuk mandi, namun Teh Putri Cahaya Setiahati menambahkan khusus untuk kaum hawa. Biasanya untuk lulur mandi pakai ampas kopi terus dibilas kemudian gosokin pakai jeruk nipis seluruh badan dari muka sampai ujung kaki. Efeknya selain peremajaan kulit, kulit halus, lembuut, bersih pastinya dan nggak bau badan.

Dan ada lagi usul dari Teh Serly Oktaviani menggunakan baking soda sebagai pengganti sabun juga.
“Manfaat dari baking soda menyegarkan, menghaluskan kulit, lebihnya di googling aja teh.. hehe,” ulasnya.
Cara pakainya, dicampur ke air buat mandi, kalo mau dipakai langsung ke badan, pakainya seminggu sekali aja, jadi sejenis lulur mandi scrub gitu.

So, jika ingin sehat gunakanlah sarana-sarana yang alami. Tidak usah muluk-muluk membuat sabun dari dedaunan agar berbusa. Selagi ada yang mudah kenapa tidak?
Dan dengan menggunakan bahan alami lingkungan juga terjaga.


sumber : suci-diary.blogspot.co.id

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut