04/05/2013

Lingkaran




Lingkaran adalah sebuah kurva tertutup yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan titik dimana mempunyai jarak yang sama dari suatu titik. Karena merupakan sebuah kurva tertutup maka bagian yang satu tidak dapat dipisahkan dengan bagian yang lainnya. Semuanya merupakan satu kesatuan yang lengkap, hilang satu bagian, bukan sebuah lingkaran.

Begitu pula dengan ISLAM. ISLAM itu lingkaran. Bukan sebuah titik. Titik yang satu berhubungan dengan titik yang lain dan tidak dapat dipisahkan. Yang kami maksud adalah ISLAM itu bukan ajaran yang meyakini satu ayat, tapi menghiraukan ayat yang lain. Meyakini satu ayat, tapi menolak ayat yang lain. Islam itu keselurahan dari ayat-ayat tersebut

ISLAM itu bukan seperti 5 orang buta yang disuruh mendefinisikan gajah dengan cara memegang bagian tubuh gajah. Ada yang memegang bagian kakinya saja, belalainya saja, telinganya saja, ekornya saja dan badannya saja. Setelah itu masing-masing orang buta disuruh menjelaskan kembali, bagaimanakah bentuk gajah tersebut.
Yang satu bilang, gajah itu bentuknya bulat dan panjang sama seperti bentuk tabung
Yang kedua bilang, hampir sama seperti orang pertama. Hanya saja bentuknya tidak seperti tabung. Semakin kebawah bentuk lingkarannya semakin kecil. Hampir kayak kerucut bentuknya.
Yang ketiga bilang, gajah itu tipis kayak lembaran daun yang lebar
Yang keempat bilang, gajah itu kecil sama seperti tali
Sedangkan yang kelima bilang, gajah itu tidak berbentuk. Lebar, luas, sehingga tidak dapat menjelaskan bentuk gajah seperti apa.

Apa-apa yang didefinisikan oleh masing-masing orang buta itu BENAR. Mendefinisikan gajah sesuai menggunakan indera peraba. Benar dalam bagian-bagian tertentu saja, belum keseluruhan. Definisi yang benar tentang gajah didapat jika kelima definisi dari 5orang buta tersebut dikumpulkan menjadi satu lalu disimpulkan. Bahwa gajah itu binatang yang amat besar, punya kaki empat, bertelinga lebar, punya belalai panjang seperti kerucut dan mempunyai ekor.

Jika masing-masing orang buta ngotot mempertahankan pendapat mereka masing-masing maka perpecahan, perselisihan dan permusuhanlah yang terjadi. Si A mempertahankan bahwa gajah itu begini begini, si B juga, dan yang lainpun mengikuti jejak teman lainnya. Sampai kapanpun kelima orang tersebut tidak akan menemukan kesimpulan yang benar tentang gajah.

Begitu pula dengan ISLAM. ISLAM itu lingkaran. Jangan mempelajari Islam dari satu titik aja, masih banyak titik-titik yang lain yang merupakan pelengkap sehingga mencapai kebenaran yang hak. Kebenaran yang bukan berasal dari angan-angan kosong belaka. Pelajari semua titik-titik yang ada lalu simpulkan.

Kami ambil contoh, jika ada pembahasan tentang suatu topik. Ayat yang satu bilang A, ayat lain bilang B, yang lain lagi bilang C dan masih banyak lagi ayat yang lainnya bilang D,E, F, G dan seterusnya. Kita jangan hanya meyakini satu ayat saja tetapi mengabaikan ayat yang lainnya. Kita juga tidak diperbolehkan meyakini satu ayat saja tetapi menolak ayat yang lainnya. Semua ayat-ayat yang disebutkan sebagai dasar/dalil semuanya benar. Tapi hanya menerangkan per bagian-bagian saja. Jangan hanya gara-gara dasar/dalil yang kita gunakan berbeda akhirnya kita bermusuhan dan menghakimi bahwa itu SALAH. Akibatnya bermusuhan karena kita berbeda pendapat tentang suatu hal.

Pelajari semua titik-titik yang ada, pelajari mulai awal sampai akhir, ulangi lagi, lagi dan lagi. Suatu saat kita pasti akan menemukan bahwa titik ini berhubungan dengan titik ini. Yang ini dengan yang ini, semuanya berhubungan tidak dapat dipisahkan. Akhirnya dapat mengambil kesimpulan yang benar “oh....maksud dari topik ini begini”.

Tetap jaga persatuan antar sesama
WE ARE ONE

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut